Mengenal Serikat Buruh Dan Alasan Kenapa Buruh Harus Berserikat

Thursday 20 July 2017

Mengenal Serikat Buruh Dan Alasan Kenapa Buruh Harus Berserikat

Serikat buruh adalah wadah organisasi bagi buruh / pekerja dalam satu tempat kerja, kawasan industri, lingkungan tempat tinggal, kota atau nasional yang menjadi alat kaum buruh untuk memperjuangkan hak - haknya sebagai buruh atau pekerja.

Buruh / pekerja adalah orang yang bekerja dan mendapatkan upah dari kerjanya. Jadi siapapun yang bekerja dengan tenaga, pikiran dan ketrampilannya kemudian mendapatkan upah disebut buruh / pekerja / pegawai / karyawan.

Bagaimana Fungsi Serikat Buruh?

Kita bisa ambil contoh ketika buruh tidak menjadi anggota serikat buruh. Pertama ketika mengalami permasalahan di tempat kerja maka buruh secara individual akan berhadapan dengan organisasi namanya perusahaan. Di sana buruh pasti berhadapan dengan managemen perusahaan. Yang harus diperhatikan adalah managemen perusahaan adalah organisasi yang dibangun pemilik modal untuk menjalankan kepentingannya.

Jadi buruh berhadapan secara sendiri - sendiri dengan suatu kekuatan organisasi perusahaan apabila buruh / pekerja tidak berorganisasi. Dalam hal ini, buruh diibaratkan seekor semut kecil yang melawan seekor gajah. Sekuat dan sevokal atau memiliki keberanian yang luar biasa sekalipun tidak akan menjadi apa apa ketika buruh sendirian berhadapan dengan perusahaan.

Ada beberapa contoh misalnya: Contoh pertama misalnya ada kebijakan perusahaan yang akan melakukan PHK. Buruh tidak bisa bertahan untuk tetap bekerja dan akan mudah ter-PHK apabila menghadapinya seorang diri.

Contoh kedua ketika buruh meminta kenaikan upah karena kenaikan harga kebutuhan hidup semakin mahal. Permintaannya akan dianggap angin lalu oleh pengusaha karena dilakukan sendirian, bahkan akan di-PHK karena dianggap vokal. Contoh ketiga ketika pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang pengaturan upah minimum yang ternyata jauh dari layak dalam memenuhi kebutuhan hidup buruh dan keluarganya. Bila buruh menghadapinya sendiri - sendiri tentu tidak membuahkan apa - apa.

Jadi kita bisa melihat secara objektif / nyata kondisi buruh yang tidak menjadi anggota serikat buruh / pekerja. Pertanyaan kenapa harus berserikat dan fungsi serikat terjawab dengan beberapa contoh tadi ketika di tempat kerja ada organisasi serikat buruh / pekerja.

Biasanya buruh baru sadar akan pentingnya serikat buruh ketika menghadapi masalah yang menimpa seperti PHK, mutasi, upah murah, status kontrak / outsourcing. Sebaiknya menjadi anggota serikat buruh adalah begitu kita masuk kerja, kita bisa menghubungi serikat buruh yang sudah ada agar mendapat penjelasan lebih lanjut.

0 komentar: